4 Kondisi Medis yang Perbolehkan Bayi Konsumsi Susu Formula

4 Kondisi Medis yang Perbolehkan Bayi Konsumsi Susu Formula

Dokter biasanya akan memperbolehkan bayi mengonsumsi susu formula, baik yang baru lahir maupun baru maupun sudah menginjak usia beberapa bulan dengan pertimbangan kondisi medis tertentu. Nah, sebelum Anda beli Enfamil untuk kebutuhan si kecil, berikut ini beberapa kondisi medis yang mengharuskan pemberian susu formula kepada si bayi.

1. Mengalami Galaktosemia

Ada beberapa bayi yang lahir dengan kondisi galaktosemia. Galaktosemia merupakan kondisi metabolik yang menyebabkan tubuh bayi tidak bisa mengubah galaktosa menjadi energi. Galaktosa sendiri merupakan komponen gula yang terkandung dalam ASI (Air Susu Ibu) dan susu formula. Jika tidak segera ditangani, hal ini bisa menyebabkan masalah perkembangan, gangguan liver dan ginjal.

Salah satu solusi yang direkomendasikan adalah memberikan susu formula yang terbuat dari kacang maupun soya, serta diikuti dengan pengobatan lainnya. Sapih bayi dari ASI yang tinggi akan kandungan Laktosa dan berikan susu formasi tanpa laktosa. Setelah memberikan susu tanpa kandungan laktosa, latih si kecil dengan pola makan tanpa galaktosa sepanjang hidupnya.

2. Bayi Prematur

Bayi yang lahir dengan kondisi prematur membutuhkan kalori, melak dan juga protein dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan bayi yang lahir dengan kondisi normal. Meski ASI prematur sudah mempunya ketiga kandungan tersebut, ASI ini masih belum bisa mencukupi kebutuhan si kecil dibandingkan dengan ASI Matur.

Biasanya dibutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat minggu untuk bisa mencapai ASI matur. Oleh karena itu, pemberian susu formula sangat disarankan untuk bayi prematur dengan berat badan kurang dari 1,5 kilogram (kg) dan usia kurang dari 32 minggu.

3. Bergejala Dehidrasi

Kondisi berikutnya yang mengharuskan pemberian susu formula kepada si kecil adalah bayi yang bergejala dehidrasi. Si kecil yang mengalami permasalahan ii biasanya ditandai dengan BAB (Buang Air Besar) yang lambat keluar atau masih berupa mekonium (feses pertama), meski si kecil sudah menginjak usia lebih dari lima hari.

4. ASI Belum Mencukupi Kebutuhan Bayi

Kondisi lain yang umum dialami oleh ibu yang mengharuskan memberikan susu formula adalah ASI belum mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Dimana hal ini biasanya menyebabkan berat badan menurun karena produksi ASI yang sangat lambat. Sebab itulah, Anda harus beli Enfamil, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil.

Perlu dipahami, penurunan dan peningkatan berat badan bayi yang lambat juga bisa disebabkan karena si kecil susah makan. Sekedar informasi, susu formula untuk si kecil yang berusia di atas enam bulan hanya sekedar tambahan nutrisi selain makanan. Dengan kata lain, susu formula tidak bisa digunakan untuk menggantikan MPASI (Makanan Pendukung ASI) untuk menambah berat badan.

Selain kondisi medis yang sudah disebutkan di atas, bayi yang terpisah dari ibunya dan kelainan kongenital juga menjadi alasan kenapa harus memberikan susu formula kepada si kecil. Nah, buat Anda yang ingin beli Enfamil untuk kebutuhan nutrisi si kecil, Anda bisa mencarinya di Orami. Sebuah e-commerce yang jual perlengkapan bayi terlengkap yang siap memenuhi kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *