Suka Jamur Tiram? Inilah 8 Keunggulannya!

Siapa sih yang tidak suka makan jamur tiram? Jenis makanan yang satu ini memang memiliki tekstur yang menyerupai daging ayam. Tidak heran, jamur tiram kerap diolah menjadi berbagai menu makanan, baik sebagai lauk yang dapat kita santap bersama nasi maupun sebagai camilan saat kita sedang menikmati waktu luang atau ingin menunda rasa lapar kita.

Nah, berkat kecanggihan teknologi informasi pada masa kini, kita tidak perlu lagi repot-repot mencari tempat yang menjual jamur tiram karena kita bisa langsung memakannya secara online melalui ecommerce sayur dan buah terbaik di Indonesia, yaitu TaniHub. Lantas, apa saja sih keunggulan jamur tiram untuk kesehatan kita? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

  1. Memberikan banyak nutrisi

Jamur tiram yang kita konsumsi mengandung bermacam-macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Beberapa contohnya seperti serat, vitamin, serta mineral. Bahkan, meskipun kadarnya sedikit, jamur tiram juga memiliki kandungan nutrisi tambahan loh, diantaranya ialah selenium maupun vitamin D. Nah, apabila kita sedang menjalankan diet karbohidrat, konsumsi jamur tiram sangatlah disarankan.

  1. Memelihara kesehatan jantung

Sebagai salah satu jenis makanan yang kaya serat, jamur tiram berperan penting untuk memelihara kesehatan jantung. Maka dari itu, ketika kita sedang mencari makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi, kita dapat mengandalkan jamur tiram. Apalagi, bukan hanya bergizi, jamur tiram pun akan memanjakan lidah kita dengan rasanya yang lezat.

  1. Meningkatkan imunitas

Jamur tiram pada dasarnya memiliki kandungan senyawa yang berperan penting sebagai immunomodulators yang akan membantu tubuh kita sehingga dapat meregulasi sistem kekebalan tubuh yang kita miliki. Sementara itu, jamur tiram pun penting untuk meningkatkan imunitas tubuh kita sehingga membuat kita tidak mudah terserang penyakit.

  1. Mengurangi risiko pertumbuhan kanker

Beberapa preliminary research menjelaskan bahwa jamur tiram dapat digunakan untuk melawan kanker. Sementara itu, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 memperlihatkan bahwa konsumsi jamur tiram penting untuk menekan pertumbuhan maupun penyebaran risiko kanker payudara maupun usus besar.

  1. Membuat metabolisme meningkat

Sebagai salah satu makanan yang kaya akan serat, jamur tiram ternyata juga berperan penting untuk mengatasi obesitas. Soalnya, jamur tiram dapat mengatasi sindrom metabolik yang salah satunya berupa obesitas.

  1. Memberikan sumber antioksidan

Ketika kita mengonsumsi jamur tiram, maka kita juga akan mendapatkan manfaat antioksidan. Dan seperti yang kita ketahui bersama, antioksidan memiliki beragam manfaat untuk tubuh kita. Beberapa diantaranya seperti memelihara kulit dari penuaan, menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh, serta membuat sistem imunitas mengalami peningkatan.

  1. Mengurangi risiko diabetes

Seseorang yang mengonsumsi jamur tiram dapat membuat gula darahnya lebih terkontrol. Pasalnya, jamur tiram memiliki kandungan beta glucan yang berperan penting agar kadar gula darah tetap stabil. Tidak heran, jamur tiram pun efektif untuk menekan risiko terjadinya diabetes tipe 2.

  1. Membuat tekanan darah tinggi berkurang

Selain mengontrol kadar gula dalam darah, jamur tiram ternyata juga bisa menjadi andalkan bagi kita yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi. Pasalnya, jamur tiram memiliki kandungan β-glukan untuk mengurangi tekanan darah tinggi tersebut.

Nah, itulah tadi manfaat yang bisa kita rasakan dari mengonsumsi jamur tiram. Jadi, selain memiliki rasa yang lezat, jamur tiram juga mengandung beragam manfaat kesehatan yang akan sayang untuk kita lewatkan begitu saja. Yuk, mulai konsumsi jamur tiram sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *